Minggu, 06 April 2008

Dimana Terdapat Makhluk yang Paling Cepat Mencari Mangsa?

Tikus tanah hidung bintang, satu-satunya jenis tikus tanah yang hidup di daerah rawa - rawa, mampu mencari makan dan memangsa korbannya dengan kecepatan seperti kilat. Mamalia seukuran hamster ini dapat menentukan lokasi dan menelan cacing tanah serta serangga lebih cepat daripada seorang pengendara mobil yang harus mengerem mendadak di lampu merah.

Rahasia kecepatan mili-detik tikus tanah hidung bintang adalah bentuk hidungnya yang berbentuk bintang. Sejumlah 22 sungut daging di sekeliling hidung tikus tanah itu berisi lebih dari 25.000 reseptor penyentuh berukuran mikroskopis. Tikus itu menggunakan hidungnya yang istimewa untuk secara harafiah merasakan dataran disekitar tempat tinggalnya di bawah tanah.

Tikus tanah hidung bintang (Condylura cristata) tinggal di daerah basah di Kanada, kemudian daerah-daerah bawahnya dibagian timur Amerika Serikat hingga Georgia.

Para peneliti menemukan tikus tanah bergerak begitu cepat untuk mata manusia mengikuti gerakan mereka, bekerja pada batas atas sistem saraf memproses informasi yang dikumpulkan hidung mereka. Hal ini memungkinkan tikus tanah dapat mencari makan dua kali lebih cepat dibandingkan sepupu mereka, Tikus tanah timur.

Tidak ada komentar: