Minggu, 06 April 2008

Dapatkah Paus Pembunuh Puget Sound Di Selamatkan?

Paus pembunuh bukan benar-benar paus, tetapi merupakan lumba-lumba dari jenis terbesar. Paus dewasa bobotnya dapat mencapai hingga 8 ton dan panjangnya mencapai 25 kaki (7.6 meter). Yang betina dapat mencapai usia 80-an tahun!

T
iga kelompok paus pembunuh yang menjadikan Puget Sound di Negara Bagian Washington, AS, sebagai rumah mereka berada dalam kesulitan. Jumlah mereka merosot lebih dari 20 persen sejak tahun 1990-an karena beberapa hal:
  1. Penurunan drastis jumlah makanan kesukaan mereka, yaitu Salmon Chinook,
  2. Perairan yang terpolusi,
  3. Pemanasan global,
  4. Ributnya suara kapal di perairan selat yang sibuk itu.
Kombinasi dari semua hal tersebut menjadi pembunuh untuk paus pembunuh. Setelah manusia, paus pembunuh -juga disebut orca- adalah mamalia yang paling besar di permukaan bumi. Dua jenis orca menempati laut-laut diseluruh muka bumi. "Paus" hitam putih yang indah ini menjadi tujuan kesayangan para turis dan menarik minat semua orang tanpa pandang bulu.

Orca Puget Sound mendapat Perlindungan Pemerintah Federal Amerika serikat tahun 2006 ketika mereka dimasukkan dalam daftar "TERANCAM" oleh National Marine Fiseries Servise. Pejabat federal juga mengajukan usulan pembatasan pembangunan hampir sebagian besar selat itu sebagai upaya menyelamatkan paus ini.

Menurut Pusat Riset Paus, jika kecenderungan saat ini terus berlangsung, orca di Puget Sound akan pulih populasinya.

Tidak ada komentar: