Minggu, 06 April 2008

Negara Mana Yang Di Kenal Sebagai "Atap Dunia"?

Lebih dari seperempat daratan Kerajaan Nepal, satu-satunya kerajaan Hindu di dunia, berada pada ketinggian lebih dari 10.000 kaki (3.000 meter). Negara yang luasnya kecil ini, kira-kira sebesar Negara Bagian Kansas di Amerika Serikat, memiliki delapan dari 10 puncak tertinggi di dunia. Kerena itu Nepal dijuluki "Atap Dunia".

Gunung Everest, puncak tertinggi di dunia dengan ketinggian 29.028 kaki (8.848 meter), oleh orang Nepal disebut Sagamatha (Ibu Jagat Raya). Everest adalah permata mahkota Pengunungan Himalaya, Rangkaian gunung-gunung yang membentang sepanjang 1.800 mil (2.897 kilometer) di tengah-selatan Asia.

Pada tahun 1953, pendaki gunung asal Selandia Baru, Edmund Hillary, dan pendaki asal Nepal, Tenzing Norgay, menjadi orang pertama yang mencapai puncak Everest.

Pencapaian keduanya membantu membukakan pengetahuan dunia terhadap bangsa yang tersembunyi itu. Hillary meninggal awal tahun ini pada usia 88 tahun dan Norgay pada usia 72 tahun.

Bertahun-tahun setelah pencapaian Hillary dan Norgay, Nepal menjadi kiblat turisme komersial untuk pendaki gunung. Meskipun demikian, hampir sepertiga orang Nepal hidup di bawah garis kemiskinan.

Tidak ada komentar: