Minggu, 06 April 2008

Serangga Apa Yang Dikenal Sebagai Sahabat Pekebun?

Kepik, kumbang berwarna merah, orange, dan kuning cerah dengan bulatan-bulatan hitam, menjadi populer karena lagu-lagu pengantar tidur, lagu, dan buku cerita anak-anak. Serangga berbentuk kubah itu juga memiliki nafsu makan yang besar untuk mengimbangi warna cerah, sebuah sifat yang menbri nama kepada serangga ini "Sahabat Pekebun".

Kutu-kutu pemakan tumbuha
n adalah hama di taman dan tanaman yang sulit di usir, tetapi kutu-kutu itu juga adalah makanan favorit kepik yang sanggup memakan kutu dalam skala industri. Seekor kepik dewasa dapat memakan kutu tanaman sampai 5000 ekor sepanjang hidupnya yang hanya 3-5 minggu.

Banyak jenis kepik dijual secara komersial untuk keperluan pertanian, yang menjadikan kepik sebagai penyelamat tanaman untuk petani sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan stroberi.

Kepik, yang dalam bahasa inggris disebut Ladybug, Lady Beetle, dan Ladybird Beetle, mengeluarkan cairan yang berbau tidak enak dari persendian di kaki mereka untuk membantu melindungi mereka dari predator. Warna mereka yang mencolok / cerah berguna sebagai pertanda peringatan untuk membuat calon penyerang berpikir dua kali.

Tidak ada komentar: