Minggu, 06 April 2008

Dari Mana Ikan Pelatuk Ratu Mendapatkan Namanya?

Ikan Pelatuk (triggerfish) terdapat diperairan pantai yang hangat di seluruh laut bumi, termasuk juga di Indonesia. Ikan penuh warna pemakan kepiting dengan ukuran tubuh besar dan gigi-gigi kecil tetapi sangat kuat ini adalah salah satu jenis ikan laut paling berwarna-warni.

Sirip punggung, yaitu sirip yang terdapat di sepanjang punggung ikan ini yang bentuknya tidak biasa. Dari situlah ikan ini mendapatkan namanya.

Bila merasa terancam, ikan ini memposisikan tubuhnya di celah bebatuan atau karang koral. Dengan menggunakan tulang belakang besar dan tebal (A) pada sirip punggung, mereka menyangkutkan tubuhnya pada tonjolan batu atau koral. Tulang itu bekerja seperti mekanisme pelatuk bergigi searah pada ketapel, membuat pemangsa kesulitan menarik ikan keluar dari tempat persembunyiannya.

Ikan pelatuk bersarang di pasir dan menjaga dengan ketat sarang mereka. Ikan ini bahkan tak segan-segan menyerang manusia yang berada terlalu dekat pada sarang mereka.

Ukuran ikan ini 8-25 inchi (20-62,5 cm) dan senang memangsa landak laut, membalikkan mangsanya itu dangan semprotan air untuk menyerang bagian bawah tubuh landak laut yang empuk.

Tidak ada komentar: